Peringkat Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/S)

Sebentar lagi pendaftaran masuk perguruan tinggi akan segera dilakukan, sering terjadi pertanyaan, perguruan tinggi mana yang paling favorit? Ini pertanyaan yang sulit di jawan karena setiap perguruan tinggi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda. Namun, setidaknya kita bisa mencari referensi PTN/PTS tersebut dari berbagai penelitian dan survei yang dilakukan berbagai lembaga untuk memeringkatkan PTN/PTS.

Times Higher Education Supplement, misalnya, membuat peringkat 400 universitas terbaik dunia tahun 2007 lalu. Hanya tiga universitas di Indonesia yang bisa tembus urutan tersebut, yaitu:
Universitas Gadjah Mada (360);
Institut Teknologi Bandung (369);
Universitas Indonesia (395).

Sistem pemeringkat lain juga dilakukan majalah ”Globe Asia” edisi Februari 2008. Menurut majalah ini, urutan 10 besar PTN adalah:
1. UI Jakarta;
2. UGM Yogyakarta;
3. ITB Bandung;
4. IPB Bogor;
5. Unair Surabaya;
6. Unpad Bandung;
7. Unhas Makassar;
8. ITS Surabaya;
9. Undip Semarang; dan
10. USU Medan.

Untuk PTS, masih menurut ”Globe Asia”, urutan 10 besarnya adalah:
1. Univ Pelita Harapan Jakarta,
2. Univ Trisakti Jakarta,
3. Univ Tarumanegara Jakarta,
4. Univ Atmajaya Jakarta,
5. Univ Parahyangan Bandung,
6. Univ Bina Nusantara Jakarta,
7. Univ Muhammadiyah Malang,
8. Univ Maranatha Bandung,
9. Univ Satya Wacana Salatiga,
10. Univ Petra Surabaya.

Pemeringkatan ini memicu berbagai kritik, biasa kan ada yang tidak terima. Kalian bisa baca berbagai kritiknya di berbagai forum diskusi di internet. Tapi, setidaknya bisa menambah referensi kalian soal PTN dan PTS.

Tahun 2007 Pusat Data dan Analisa Tempo pernah menyelenggarakan survei tentang persepsi masyarakat terhadap perguruan tinggi di Indonesia. Hasilnya, ”top of mind” PTN adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanudin, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi 10 Nopember, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Untuk ”top of mind” PTS adalah Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Atma Jaya Jakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, STIE Perbanas, Universitas Gunadarma, Universitas Surabaya, Universitas Islam Indonesia, Universitas YAI, dan Universitas Atmajaya Yogyakarta


{ Leave a Reply ? }

  1. Wahyu Dwi Suryanto

    @Mas ioharris: hasil peringkat ini merupakan hasil survei dr bdan yg memang brwenang melakukan survei. Sy sndr tdk mngrti dg jelas apa parameter yg digunakan.
    Tp mreka pst pny parameter yg yg membandingkan. Yg d bndingkan pasti hal2 yg sama. Misal bnyaknya peminat atau yg laen sbgaix.

  2. ioharris

    :unsure:
    wah ga bisa dipertanggung jawabkan ini artikel,
    1. sumbernya ga jelas.parameter apa aja yg di pake?
    2. Ga pake prinsip “apple to apple”. klo mau meringkatin ya harus sejenis dgn yg dibandingin, misal.. mana pas universitas dibandingin ke institut. klo mau bandingin dari jurusan-jurusan/kualitas pendidikan/fasilitas,dll.ga apel harus dibandingin dgn apel lagi, masa sama jeruK?
    3. “Quality” dong bukan “Quantity”. Jelas2 universitas lebih banyak dosen, jurnal, dan jurusannya dibandingin Institut yang lebih mengarah ke sains dan teknologi saja….

    kesimpulannya, artikel ini tidak bisa dijadikan acuan yang valid!

    trims..

Leave a Reply