Baru Dibuka, Gedung Tertinggi Sedunia Akhirnya Ditutup

Ketakutan sejumlah penumpang muncul di antara lantai-lantai gedung paling tinggi di dunia, setelah sebuah lift rusak ketika mereka menuruni lantai melalui lift di tower Burj Khalifa, Dubai tersebut, Sabtu (06/02). Pengunjung mengantri untuk turun dari lantai 24 deck obsebrvasi, menuruni tower setinggi 828 meter (2717ft), dan kemudian mendengar tabarakan dan suara seperti gelas pecah dari lift. Debu berhamburan ke lantai ruangan melalui celah kecil dari pintu lift.

Sebanyak 15 pengunjung yang terjebak dalam lift harus menunggu selama 45 menit sebelum mereka diselamatkan oleh staff gedung tersebut. Sebanyak 60 turis yang mendengar insiden tersebut dievakuasi tanpa mendapat penjelasan yang jelas. Bahkan, salah satu pengunjung mendengar seperti ledakan kecil dari lift yang rusak tersebut. Padahal lift gedung tersebut diklaim sebagai lift public tercepat di dunia, mencapai kecepatan 25mph (40k/ph), mampu naik hingga ke atap hanya dalam waktu satu menit. Belum diketahui ada korban atau tidak dalam peristiwa tersebut.

Gedung Burj Khalifa dibuka pada tanggal 4 Januari dengan display kembang api yang terang, namun akhirnya ditutup selamanya, pada Senin (08/02) setelah insiden tersebut. Burj Khalifa atau Burj Dubai diambil dari nama Sheikh Khalifa bin Zayed bin Sultan al-Nahyan, pemerintah Abu Dhabi. Menurut pengembang gedung tersebut, Emaar, masih menolak untuk berkomentar, dan hanya member penjelasan bahwa kasus tersebut dikarenakan tingginya trafik pengunjung yang naik turun melalui lift tower. Selain itu, menurutnya, kesalahan ada pada masalah listrik tower.


Leave a Reply