Unggul Pengalaman, Bayern Taklukan City

Bayer menang

Selebrasi gol Gomez (foto:AP Photo)

MUNICH- Tidak puas dengan hasil matchday pertama Liga Champions, setelah ditahan imbang 1-1 oleh tamunya Napoli. Tim debutan asal Inggris, Manchester City mengincar poin penuh saat melawat ke Allianz Arena, kandang Bayern Munich, Rabu (28/9/2011) dni hari WIB.

Beberapa pemain andalan Roberto Mancini diturunkan sebagai starter, seperti Sergio Aguero dan Edin Dzeko di depan dengan ditopang oleh empat gelandang, Samir Nasri, Yaya Toure, Gareth Barry, dan David Silva.

Sedangkan kubu tuan rumah belum berani menurunkan Arjen Robben dan mengandalkan Franck Ribery, Bastian Schweinsteiger sebagai penopang lini tengah mereka untuk mendukung Mario Gomez di depan.

Meski kedua klub sama-sama menciptakan banyak peluang, namun Bayern yang unggul pengalaman di kancah Liga Champions ini mampu mengungguli City yang merupakan tim debutan. Bayern berhasil kalahkan City dengan skor 2-0 lewat gol dari Mario Gomez di menit ke 38 dan 46.

Babak Pertama
Peluang terbaik justru diciptakan City lewat sepakan Dzeko yang memanfaatkan umpan matang dari sisi kiri pertahanan Bayern. Namun sayang, tendangannya masih lemah dan bisa dijinakkan oleh penjaga gawang Manuel Neuer.

City bahkan nyaris mendapatkan penalti pada menit ke-24, setelah bek sayap Micah Richards sempat terjatuh di kotak penalti Bayern. Tapi sayang, wasit tak menganggap itu sebagai pelanggaran.

Menit ke 30, Bayern mendapatkan peluang ketika Ribery berhasil melepaskan tendangan jarak jauhnya, tapi sepakannya masih bisa ditepis Hart. Tendangan keras dilesakkan kembali oleh pemain Bayern. Kali ini Schweinsteiger melepaskannya dari sisi kiri pertahanan City, tapi tendanganya masih mampu dijinakkan Hart.

Schweinsteiger kembali membuang peluang, ketika dia mendapat umpan silang dari Rafinha. Kali ini tendangannya hanya terbang jauh di atas mistar gawang City.

Namun, pada menit ke 38, akhirnya gol tuan rumah lah yang mengubah papan skor menjadi 1-0 lewat kaki Gomez. Striker Timnas Jerman itu berhasil memanfaatkan bola rebound, hasil dua sepakan dari Ribery dan Muller dimana kedua tendangan tersebut berhasil ditepis Hart. Tapi pada sepakan ketiga yang dilesakkan Gomez, Hart tak mampu berbuat banyak dan membuat City tertimggal 0-1 dari FC Hollywood.

Anak-anak asuhan Josep Heynckes berhasil memperlebar kedudukan, setelah Gomez kembali menjadi pencetak gol yang lagi-lagi memanfaatkan kemelut di depan gawang City. Berawal dari tendangan bebas Toni Kross di menit ke 46, meski sempat ditepis Hart, namun Gomez yang berada tepat di depan gawang Hart kembali memanfatkannya dengan baik. Skor 2-0 untuk Bayern bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua
Pasca turun minum, Bayern yang sudah unggul 2-0 atas tamunya, ternyata tidak mengendurkan serangan mereka. Terbukti beberapa peluang diciptakan Ribery dkk. Namun kesigapan Hart di bawah mistar gawang belum mampu memperbesar keunggulan Bayern.

Di babak kedua ini Mancini membuat kejutan dengan menarik Edin Dzeko yang digantikan oleh gelandang Nigel De Jong pada menit ke 50 dan Samir Nasri ditarik keluar menggantikan James Milner di menit ke 70.

Tampaknya Mancini benar-benar ingin bermain bertahan dan tidak ingin kebobolan lebih banyak lagi di pertandingan ini. Pasalnya, dia lebih memilih memasukkan Alexander Kolarov yang merupakan seorang bek menggantikan Gareth Barry. Padahal di bench masih ada nama Carlos Tevez yang siap diturunkan.

Meski kedua kubu sama-sama menciptakan peluang yang bisa mengancam pertahanan. Namun skor 2-0 untuk keunggulan Bayern tetap bertahan hingga pertandingan babak kedua berakhir.

Atas hasil ini maka Bayern belum tergantikan posisinya di puncak klasemen grup A dengan mengemas 6 poin dari dua kemenangan beruntun. Sedangkan di peringkat kedua ada Napoli yang memiliki nilai empat. Gli Azzuro berhasil mengemas kemenangan perdana mereka sejak kembali lagi ke kancah Liga Champions, setelah mengalahkan Villareal 2-0.

Susunan Formasi:
Bayern Munich: 1. M. Neuer, 21. P. Lahm, 13. Rafinha, 5. D. Van Buyten, 17. J. Boateng, 31. B. Schweinsteiger, 7. F. Ribery, 30. Luiz Gustavo, 39. T. Kroos, 33. M. Gomez, 25. T. Müller
Man. City: 25 J. Hart, 28. K. Toure, 4. V. Kompany, 2. M. Richards, 22. G. Clichy, 19. S. Nasri, 18. G. Barry, 21. David Silva, 42. Y. Toure, 16. S. Agüero, 10. E. Dzeko

 

Sumber: Okezone


Leave a Reply